4 Alasan Penting Melakukan Pencatatan Keuangan pada Bisnis

 

Pencatatan keuangan pada sebuah bisnis merupakan hal penting untuk melihat cashflow dan kesehatan bisnis itu sendiri. Selain itu, tingginya angka penjualan produk adalah salah satu tolak ukur kesuksesan suatu bisnis.

Untuk menggapai hal tersebut, maka ada lebih dari satu hal yang perlu dilaksanakan, seperti meningkatkan kualitas produk, melakukan iklan atau promosi, memperbanyak jumlah produk dan sebagainya.

Banyaknya hal yang Anda lakukan demi mencapai visi tersebut dapat membuat Anda melupakan satu hal yang sangat penting yaitu pencatatan keuangan.

Angka penjualan yang tinggi belum memastikan bahwa keuntungan yang Anda dapatkan juga tinggi. Hal ini lantaran profit baru didapat sesudah Anda mengurangi jumlah pemasukan dengan jumlah modal.

Kemungkinan untuk memeroleh keuntungan besar akan semakin kecil jika modal yang Anda berikan tinggi. Maka dari itu, Anda memerlukan pencatatan cashflow agar jumlah keuntungan bisnis yang Anda lakoni terlihat lebih jelas dan apakah Anda menderita kerugian atau tidak. Lalu mengapa kita perlu melakukan pencatatan keuangan pada bisnis?

Alasan Utama Melakukan Pencatatan Keuangan pada Bisnis

Berikut ini adalah alasan penting mengapa Anda harus melakukan pencatatan keuangan pada UKM, antara lain:

1. Untuk Memahami Keadaan Keuangan Usaha

Selaku pelaku usaha, peningkatan pemasukan pasti menjadi hal yang Anda inginkan tiap tahunnya. Untuk mencapai hal tersebut, maka pencatatan keuangan adalah kunci dan solusinya. Karena dengan melakukan pencatatan keuangan, maka Anda akan denagn mudah membandingkan keadaan keuangan bisnis Anda dari tahun sebelumnya sampai tahun ini.

Anda dapat mengetahui apakah bisnis Anda memeroleh laba yang meningkat  atau sebaliknya malah mengalami penurunan. Apabila demikian, maka Anda dapat mencari tahu biaya apa yang sebenarnya tidak diperlukan yang bisa Anda potong atau Anda hilangkan demi menghemat pengeluaran.

Pada intinya, pencatatan laporan adalah sarana pengawasan bagi kondisi keuangan UKM Anda baik secara umum maupun secara khusus.

2. Sebagai Instrumen Pembuat Keputusan

Anda pasti sudah mengerti jika keuangan merupakan aspek vital dalam bisnis. Melalui pencatatan tersebut, Anda dapat mengetahui kondisi keuangan usaha, maka Anda juga dapat menentukan keputusan yang tepat demi masa depan UKM Anda.

Contohnya, Anda mendapati hasil penjualan produk Anda tidak sama dengan target yang sudah Anda tetapkan, padahal testimoni yang diberikan pelanggan Anda selalu mengarah ke hal yang positif. Lalu tindakan yang Anda lakukan adalah memfokuskan diri ke management marketing guna mempromosikan produk UKM Anda.

Namun, melalui pencatatan data keuangan Anda dapat pula memerkirakan apakah UKM Anda perlu menambah jumlah karyawan, berinvestasi di alat produksi, dan kebijakan yang lain.

3. Untuk Melancarkan Prosedur Pelaporan Pajak

Sebagai Warga Negara Indonesia yang baik, sekaligus pelaku bisnis, Anda sudah semestinya membayar pajak dan sudah menjadi kewajiban untuk melaporkan pajak hasil usaha Anda. Perhitungan pajak didapat dari neraca dan laporan laba rugi yang merujuk pada laporan keuangan.

Ketika Anda tidak melakukan pencatatan keuangan, maka pelaporan hasil pajak tidak akan tepat waktu. Sehingga hal ini akan menimbulkan beberapa masalah untuk bisnis Anda.

4. Memberi Ketentuan Tentang Kelayakan Bisnis

Tidak ada bisnis besar yang mendanai usahanya sendiri. Kebanyakan bisnis yang dijalankan mendapatkan dana dari investor untuk pengembangan bisnis. Peluang yang sama juga dimiliki oleh UKM Anda yaitu peluang mendapatkan tambahan modal dan bantuan dari pihak lain.

Namun, pihak yang menginvestasikan dananya pasti melakukan uji kelayakan untuk menilai seberapa layak UKM Anda untuk dijadikan tempat investasi mereka. Kondisi UKM juga akan tercermin dari laporan keuangan yang menunjukkan sehat tidaknya UKM Anda.

Kesimpulan

Pengetahuan dan kemampuan Anda dalam bidang finansial akan memberikan Anda kemudahan dalam melakukan pencatatan keuangan.

Namun, kebanyakan bisnis saat ini masih melakukan pencatatan dan pembukuan keuangan secara manual. Sehingga hasil laporan keuangan tersebut rentan tidak akurat karena peluang human error-nya cukup tinggi.

Nah, untuk menghindari human error seperti ini, Anda bisa memanfaatkan inventory management system, seperti Jurnal by Mekari. Dengan Jurnal, proses membuat laporan dan pencatatan keuangan di bisnis Anda akan menjadi lebih cepat dan bebas human error.

Selain itu, untuk bisnis dagang yang sedang berkembang atau bisnis skala kecil atau menengah, Jurnal juga memiliki solusi yang tepat untuk bisnis tersebut, yaitu Jurnal small business accounting. Dengan software akuntansi dari Jurnal ini, maka pencatatan laporan data keuangan Anda akan lebih teratur dan praktis. Selain itu, hasil laporan Anda akan lebih akurat.

Buat Anda yang saat ini sedang menjalankan bisnis UKM atau UMKM, dengan bantuan software dari Jurnal ini maka Anda berpeluang mengangkat bisnis Anda untuk naik level.

Buat Anda yang ingin mengenal Jurnal lebih detail lagi, Anda bisa melihat produk-produk software akuntansi Jurnal untuk melihat mana pilihan produk yang cocok untuk bisnis Anda.