Aplikasi BukuWarung Bantu Buat Laporan Keuangan

Peraturan mengenai kewajiban pemilik usaha memberikan Tunjangan Hari Raya (THR) diatur melalui Peraturan Menteri Ketenagakerjaan No. 6 Tahun 2016. Besaran THR yang diterima dihitung dari masa kerjanya seperti yang terdapat pada https://bukuwarung.com/cara-menghitung-thr-karyawan/.

Bagi para pemilik usaha kecil dan menengah, perkara perhitungan THR seringkali menyulitkan mereka. Apalagi pengusaha yang masih menjalankan operasional perusahaan sendiri, tentu perlu aplikasi yang membantu menghitung arus kas keuangan perusahaan termasuk pengeluaran THR seperti BukuWarung.

Peraturan Terkait Besaran THR Karyawan

Berdasarkan Peraturan Menteri Ketenagakerjaan No. 6 Tahun 2016, diatur mengenai syarat minimal karyawan bisa mendapatkan THR. Syarat karyawan berhak mendapatkan THR adalah sudah bekerja sekurang-kurangnya selama satu bulan.

Sehingga jika masa kerja kurang dari satu bulan, maka pengusaha tidak berkewajiban memberikan THR. Berikut peraturan terkait besaran THR karyawan menurut peraturan Menteri Ketenagakerjaan:

  1. Karyawan yang masa kerjanya kurang dari 12 bulan, maka besaran THR yang berhak diterima karyawan dihitung berdasarkan masa kerjanya. Semakin lama masa kerja karyawan, maka jumlah THR yang diperoleh semakin besar.
  2. Karyawan yang masa kerjanya minimal sudah selama 1 tahun atau 12 bulan, maka jumlah THR yang berhak diterima adalah sebesar gaji yang didapatkan setiap bulan. THR yang diterima karyawan dengan masa kerja lebih dari 1 tahun digolongkan sebagai upah bersih tanpa tunjangan.

Panduan Menghitung Jumlah THR Karyawan

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa jumlah THR yang berhak diterima karyawan bergantung kepada masa baktinya di perusahaan. Berikut adalah cara menghitung THR karyawan:

  1. Jumlah THR karyawan dengan masa kerja kurang dari 1 tahun:

Besar THR= (Masa kerja (bulan)/12 bulan) x gaji/bulan

  1. Jumlah THR karyawan dengan masa kerja minimal 1 tahun:

Besar THR= 100% x gaji/bulan

Terkadang, perusahaan memotong THR yang diterima karyawan apabila karyawan memiliki catatan hutang ke perusahaan. Besaran potongan THR yang dilakukan oleh perusahaan mencapai maksimal 50% dari jumlah THR yang diterima. Pemotongan dilakukan setelah disetujui oleh kedua belah pihak.

Aplikasi BukuWarung Bantu Buat Laporan Keuangan

Bagi Anda pemilik UKM dan UMKM, pencatatan laporan keuangan sering membuat pusing karena biasanya dilakukan seorang diri.  Untuk membantu Anda mencatat laporan keuangan bisnis, aplikasi BukuWarung bisa menjadi solusi yang tepat.

Aplikasi BukuWarung dapat Anda gunakan secara gratis untuk membantu mencatat arus kas bisnis mulai dari arus pengeluaran dan pendapatan. Data keuangan bisnis akan diupdate setiap waktu sesuai arus uang keluar dan masuk. Aplikasi ini juga dapat membantu mencatat hutang piutang yang ada.

Aplikasi BukuWarung bisa dengan mudah Anda download disini. Meski dinamai BukuWarung, namun aplikasi ini cocok digunakan sebagai catatan pembukuan harian berbagai usaha UMKM seperti laundry, jasa, toko online dan lainnya. Simpan data keuangan bisnis Anda secara online dan gratis sekarang juga.