Cek Tips dan cara buat Oralit di Diarepedia yang Mudah Dirumah

Pernah ketika Anda mengalami diare disarankan untuk membuat oralit? Ya, itu merupakan salah satu ramuan turun temurun yang sangat dikenal oleh masyarakat. Dimana jenis obat tradisional tersebut dipercaya mengatasi ataupun mencegah terjadinya dehidrasi ketika Anda mengalami diare. Seperti yang diketahui jika diare merupakan penyakit yang umum dialami oleh banyak orang. Nah, oralit menjadi salah satu solusi yang tepat menjadi pertolongan pertama ketika frekuensi buang air besar terlalu banyak dan cair.

 

Meskipun saat ini sudah ada banyak sekali jenis obat praktis dipasaran yang dapat mengatasi masalah diare. Namun masih ada saja orang yang percaya akan khasiat oralit, bukan omong kosong hal itu memang betul manjur. Tapi tahukah Anda jika oralit dapat dibuat sendiri dirumah? Ya, dengan cara sederhana Anda bisa membuat sendiri secara mudah. Bagi Anda yang penasaran seperti apa caranya, mari kita bahas pada artikel kali ini.

 

Ketika seseorang mengalami diare cairan serta garam esensial dari dalam tubuh mulai berkurang dan hilang, tentu hal itu menjadikan Anda perlu segera melakukan pergantian. Nah, oralit menjadi pembantu pemberian cairan sebagai perbaikan dehidrasi dalam tubuh akibat terjadinya diare yang terus menerus. Cara penggunaannya cukup dimasukkan melalui mulut seperti ketika Anda minum sebuah ramuan. Jangan khawatir karena hal itu sudah melalui penelitian, dikatakan oralit bisa meminimalisir diare sampai dengan mereka yang mengalami diare akut.

 

Bagi Anda yang belum pernah membaca cara buat oralit, Diarepedia bisa memberikan beberapa tips. Namun sebelum memulai, ada baiknya persiapkan terlebih dahulu bahan-bahan yang diperlukan seperti 6 sendok the gula pasir, setengah sendok the garam dan tidak lupa menggunakan air matang atau air minum kurang lebih 1 liter. Bila semuanya sudah siap, bisa lakukan langkah-langkah berikut ini:

  1. Sebelumnya, pastikan tangan sudah bersih dengan mencuci menggunakan sabun terlebih dahulu.
  2. Pastikan semua perlengkapan yang akan Anda gunakan juga bersih, mulai dari sendok, mangkok dan lainnya.
  3. Setelah itu masukkan semua bahan pada air 1 liter tadi, bisa menggunakan air sedikit hangat supaya garam dan gula cepat larut.
  4. Kemudian aduk secara merata sampai semuanya benar-benar larut.
  5. Minumlah setelah Anda buang air besar, lakukan beberapa kali saat diare dengan frekuensi yang banyak.

 

Oralit merupakan ramuan tradisional yang sangat umum digunakan masyarakat Indonesia. bukan hanya orang dewasa tetapi juga anak-anak. Namun bila Anda akan memberikan kepada buah hati, perlu memperhatikan beberapa tips terlebih dahulu seperti:

  1. Pastikan Anda memberikan oralit dalam kondisi bersih, baik dari tangan, tempat, sendok dan anak yang akan meminum ramuan.
  2. Berikan ramuan ketika diperlukan, jangan terlalu banyak namun lebih sering.
  3. Seperti pemberian asi, jadi tidak bisa langsung minum jumlah oralit banyak sekali waktu.
  4. Bila ada kendala ataupun gejala lain pada anak setelah 24 jam konsumsi oralit, konsultasikan kepada dokter.

 

Sampai dengan jaman modern sekarang ini masih banyak orang percaya akan ramuan tradisional yang terbilang manjur. Seperti jenis oralit, dimana Anda tidak perlu kerepotan untuk membeli ataupun mencari bahannya. Karena semua bahan yang sudah ada dirumah, jadi tinggal masukkan semuanya dan coba untuk mengurangi diare. Namun perlu diketahui, jika memang diare masih berlangsung lama perlu periksakan kepada dokter.