Platform Rekrutmen menjadi Lebih Efisien dengan Bantuan Teknologi AI

 

AI atau yang disebut dengan Artificial Intelligence kini menjadi tulang punggung bagi sistem rekrutmen setiap karyawan, di masa mendatang. AI juga telah menjadi solusi yang tepat dalam mencari kandidat. Maka gunakan platform hiring terbaik untuk proses penyeleksian tersebut.

Untuk bisa menilai respon kandidat dengan cara yang lebih objektif maka banyak perusahaan yang menggunakan sistem AI tersebut. Wawancara dengan kandidat akan direkam, lalu analisis kata, kalimat, intonasi suara, dan ekspresi akan dianalisis dengan menggunakan perangkat lunak.

Inovasi Terkini AI dalam Bidang Rekrutmen Karyawan

Kecerdasan buatan AI ini merupakan sistem komputer yang sudah diprogram dalam pembuatan keputusan, dengan berdasar pada data yang ada.

Sistem itu akan terus dikembangkan dengan menggunakan algoritma, yang bisa meniru cara kerja dari otak manusia dalam memproses sebuah data ketika akan membuat sebuah keputusan. Selain itu, ada beragam inovasi teknologi dari penggunaan AI tersebut yang diantaranya yaitu:

Intelligent Screening

Merupakan suatu software penyaringan yang cerdas dan juga bisa mempelajari database setiap karyawan, serta menilai kesuksesan dari orang-orang yang bekerja dari data yang terdapat pada profil mereka.

Sistem AI itu akan menggunakan pengetahuan dari  intelligent screening, untuk menyeleksi karyawan/kandidat baru.

Sistemnya pun akan bekerja secara otomatis dalam memberi peringkat/penilaian, setelah itu memilih kandidat yang paling kuat atas dasar hal-hal yang sudah dipelajari dari database para karyawan tersebut.

Chatbots

Teknologi yang satu ini akan menambah pengalaman yang positif untuk setiap pencari kerja, dengan memakai cara perekrutan respon dari pelamar dengan otomatis.

AI pun akan bisa menjawab segala pertanyaan dari kandidat, memberi saran berikutnya, dan memberi umpan balik.

Mesin Chatbots ini juga akan meningkatkan interaksi antara perekrut dengan pelamar, sehingga diterima atau tidaknya karyawan bisa diketahui oleh karyawan itu sendiri.

Wawancara Digital

Wawancara dengan basis AI pun menjadi salah satu teknologi yang populer atau dikenal di masa depan. Walaupun belum banyak dipakai secara luas, tetapi software AI yang digunakan untuk wawancara diakui keunggulannya.

Hal itu dapat dilihat dari hasilnya yang menjanjikan untuk menilai karakter dari setiap kandidat yang masuk, contohnya dalam bidang motivasi, keuletan, dan juga kemampuan dalam bekerja sama.

Rekruitment Karyawan Menggunakan Shortlyst yang Sudah Berbasis AI

Shortlyst adalah salah satu software yang digunakan untuk rekruitment yang sifatnya efektif dan efisien dalam proses perekrutan karyawan. Penemuan kandidat yang tepat tidak lagi sulit dilakukan, karena adanya software yang sudah berbasis AI tersebut.

Shortlyst juga telah menjadi tools terbaik untuk perekrutan dengan basis AI, simak sederet USP dari shortlyst sebagai berikut:

Dapat Mengakses Banyak Profil Kandidat

Lebih dari 600 jutaan profil kandidat bisa diakses dengan mudah dengan adanya Shortlyst tersebut. Bahkan dapat diakses dari mana saja, termasuk dari seluruh wilayah yang ada di dunia.

Bisa Diintegrasikan ke Berbagai Platform

Software canggih untuk perekrutan karyawan yang satu ini juga bisa diintegrasikan langsung ke berbagai macam platform, misalnya pada Linkedin, Whatsapp, Slack, Email, dan masih banyak lagi platform lainnya.

Telah Memakai Teknologi AI

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, Shortlyst juga sudah dilengkapi atau menggunakan sistem AI yang lebih efisien dan juga cerdas.

Dilengkapi dengan Fitur-fitur Pendukung

Ada banyak fitur yang mendukung proses perekrutan, contohnya perekrutan yang dilakukan seperti karyawan yang bekerja sama di dalam tim, saling tag antara rekruiter dan juga kandidat, dan masih banyak juga fitur yang lainnya.

Terbukti bahwa Shortlyst ini merupakan platform hiring terbaik, yang mulai banyak digunakan oleh pencari pekerja.