10 Poin Penting Yang Perlu Dicek Sebelum Terima Mobil Baru

Saat ada rejeki, membeli mobil baru adalah salah satu yang paling menyenangkan untuk bisa dilakukan. Namun jangan sampai kecewa, banyak orang yang tidak tahu apa saja hal yang harus dicek sebelum menerima mobil baru tersebut selain soal harga mobil.

Alih-alih senang karena mendapat kesempatan beli mobil, Anda justru bisa rugi karena mendapat kualitas mobil yang tidak sesuai harapan apalagi jika dibeli secara online.

10 Poin Penting Dalam Cek Mobil Baru

Kerap kali orang yang membeli mobil baru masih awam dengan hal-hal penting yang harus dicek. Tak perlu khawatir, berikut di bawah ini akan dijelaskan beberapa detail poin penting apa yang perlu diperhatikan pada mobil baru sebelum menerimanya:

1. Interior dan Jok Mobil

Umumnya interior mobil dan jok akan ditutup menggunakan plastik untuk melindungi kebersihan dan kerapian mobil. Jika Anda menemukan kecacatan dalam hal fungsinya, mintalah penggantian.

Namun jika hanya ada noda, tak perlu meminta ganti dan hanya perlu meminta pembersihan ulang terhadap noda yang ada tersebut.

2. Bodi dan Eksterior

Bodi eksterior mobil juga sangat penting untuk diperhatikan. Jika Anda tidak paham dengan ekterior mobil yang harus dicek, Anda bisa mengajak teman atau kerabat yang mengerti tentang hal ini.

Hal utama yang biasanya perlu diperhatikan adalah warna lapisan mobil. Hindari memilih mobil yang lapisan warnanya dibuat dengan warna cat. Hal ini karena ditakutkan adanya warna belang terhadap mobil tersebut.

3. Peralatan Tambahan dan Ban Serep

Saat membeli mobil baru Anda pasti akan mendapatkan alat-alat pelengkap demi keamanan berkendara. Salah satunya adalah ban serep. Pastikan semua perlengkapan pembenahan mobil telah disediakan begitu pula ban serepnya.

4. Periksa Jarak Tempuh

Jarak tempuh terbaik pada mobil baru adalah 0 km. Namun hal ini hampir mustahil karena adanya proses cek saat mobil masih di pabrik. Maka untuk antisipasi kualitas jarak tempuh, sebaiknya pilih mobil dengan jarak tempuh kurang dari 50 km. Di atas itu, Anda bisa ajukan komplain.

5. Fitur dan Kelistrikan

Setiap mobil pasti punya fitur-fitur tertentu. Anda punya hal untuk meminta dealer menjelaskan detail dari tiap fitur yang dimiliki mobil tersebut. Selain itu jangan ragu untuk mengecek semua fungsi kelistrikan yang ada dalam mobil. Pastikan semua sudah bekerja dengan baik.

6. Uji Jalan Kendaraan

Selanjutnya untuk tahu kualitas mesin dan mobil saat dijalankan, Anda perlu melakukan uji jalan. Sebaiknya Anda meminta pihak dealer untuk turut menemani dalam pengujian ini. Jika dirasa ada yang kurang nyaman saat mobil dijalankan, Anda bisa langsung minta perbaikan.

7.  Cek Dokumen Pengiriman

Ada banyak macam dokumen mobil yang akan dikirim bersamaan dengan pengiriman mobil baru. Untuk BPKB dan faktur biasanya butuh waktu yang lebih lama untuk dikirim. Selain itu, pastikan semua dokumen lengkap dan valid sesuai kondisi mobil.

8. Buku Manual

Meskipun sudah mendapatkan penjelasan dari pihak dealer, tetap saja buku manual ini penting untuk diminta guna dipakai kedepannya saat butuh. Anda juga bisa minta buku servis audio untuk membantu saat ada masalah pada mobil kedepannya.

9. Waktu Pengiriman

Banyak orang tidak teliti terkait poin yang satu ini, padahal poin ini sangat penting. Pastikan Anda meminta pihak dealer untuk mengirim mobil di siang hari. pemilihan waktu siang hari akan memudahkan Anda mengecek kondisi mobil.

10. Harga

Poin harga bisa jadi poin utama yang diperhatikan bahkan sebelum membeli mobil tersebut. Sebagai saran, Anda bisa pilih platform SEVA yang punya fitur Instant Approval. Fitur ini akan memudahkan Anda memilih mobil terbaik sesuai budget.

10 poin penting di atas adalah hal-hal yang harus dipastikan sebelum membeli atau menerima mobil baru. Jangan sampai Anda melewatkan satu poin pun jika tidak ingin menyesal saat menggunakan mobil tersebut.