7 Hal yang Musti Anda Perhatikan Ketika Jual Beli Mobil Bekas

Jual beli mobil bekas memang agak sulit dibandingkan dengan kendaraan baru, ada banyak alasan masyarakat agak enggan membeli mobil bekas, salah satu diantaranya karena performa serta tampilannya tidak sebagus kendaraan yang masih baru. Hanya saja memang kelebihan membeli kendaraan bekas adalah harganya yang terbilang jauh lebih murah dibandingkan dengan pasar barunya, sehingga untuk mereka dengan budget yang terbatas, maka ini bisa dijadikan sebagai salah satu solusi terbaiknya.

Dengan perkembangan teknologi yang hadir saat ini, transaksi penjualan maupun pembelian mobil memang semakin mudah. Karena selain secara langsung maka juga bisa online, lewat platform jual beli mobil bekas yang secara khusus memang menyediakan untuk transaksi kendaraan bekas mereka. Secara khusus antinya orang-orang yang mengakses kesana sudah pasti dengan tujuan tengah mencari kendaraan bekas. Sehingga anda juga tidak perlu khawatir mengenai segmen calon konsumen.

Hanya saja memang untuk menemukan pembeli dalam jual beli mobil bekas juga tidak semudah itu. Nah, agar kendaraan bekas anda tersebut lebih cepat terjual, maka berikut ini ada beberapa tipsnya yang dapat diikuti, yaitu:

  1. Tunjukkan kepada calon konsumen bahwa anda rutin melakukan perawatan kendaraan, caranya adalah dengan memastikan kondisi body serta interiornya dalam keadaan yang bersih. Begitu juga dengan catatan atau riwayat service kendaraan, pada dasarnya setiap kendaraan memang butuh di service secara rutin, karena hal ini berguna untuk menjaga performanya agar selalu maksimal, service juga harus dilakukan di bengkel resmi sehingga lebih terjamin kualitasnya.
  2. Cek perlengkapan-perlengkapan mobil, jangan lupa dengan perlengkapan yang memang menyertai setiap kendaraan, seperti diantaranya adalah kotak p3k, ban serep, buku service, buku panduan dan sejenisnya. Pastikan bahwa anda menyimpan semuanya secara lengkap. Normal jika seandainya ada satu dua yang hilang jika sudah lama, namun alangkah lebih baiknya jika ada.
  3. Pastikan bahwa ac menyala dengan baik, nyatanya ac sendiri juga dapat dijadikan sebagai salah satu tolak ukur apakah kendaraan tersebut di service dengan baik ataukah tidak. Karena bagian pendingin ruangan paling rentan bermasalah. Jika kondisinya menyala dengan baik artinya ia memang dirawat dengan baik.
  4. Membersihkan mesin mobil, ketika akan membeli kendaraan pastinya calon pembeli akan memeriksa bagian mesin, tolak ukur pertama mereka dalam melihat pastinya apakah mesin dalam kondisi yang bersih ataukah tidak. Karena ketika bersih artinya memang sering disentuh atau mendapatkan perawatan.
  5. Sebaiknya hindari memodifikasi mobil, jika memang sudah terlanjur dilakukan modifikasi, sangat dianjurkan bagi anda untuk segera mengganti bagian-bagian yang sudah dimodifikasi tersebut dengan komponen asli bawaan dari pabrik. Karena kebanyakan orang tidak suka dengan kendaraan modifikasi.
  6. Lengkapi semua dokumen penting yang dibutuhkan, surat-surat atau dokumen penting yang menyertai tersebut pada dasarnya ditujukan untuk membuktikan bahwa kendaraan tersebut legal atau tidak bermasalah dengan hukum, bukan termasuk mobil curian dan sejenisnya, mulai dari bpkb, stnk, form a dan sejenisnya harus ada.
  7. Tentukan harga pasaran yang masuk akal, jangan lupa juga untuk mematok harga secara tepat sesuai dengan pasarannya, jangan terlalu tinggi ataupun terlalu rendah agar anda tidak rugi pastinya. Untuk itulah anda harus melihat pasaran harga saat ini.