Bagi Para Bumil, Maksimalkan Manfaat Semangka Ini untuk Kesehatan Ibu dan Janin

 

 

Sebagai ibu hamil banyak nutrisi yang dibutuhkan untuk menjaga kandungan tetap dalam kondisi sehat. Bisa dikatakan seorang bumil perlu nutrisi ganda untuk pertumbuhan janin dan juga kesehatan ibu sendiri. Tidak perlu kerepotan, sudah banyak buah, sayur, ataupun daging-dagingan yang mengandung nutrisi banyak. Anda tidak perlu membeli yang mahal, misalnya saja dari buah semangka dengan harga ekonomis namun gizinya cukup lengkap. Apalagi bagi ibu hamil buah yang mengandung banyak air itu cukup direkomendasikan karena manfaat luar biasanya.

Nutrisi Semangka

Banyak orang berfikir semangka hanya mengandung banyak air serta gula, padahal faktanya tidak hanya itu. Karena buah segar tersebut masuk dalam kategori jenis buah yang padat akan nutrisi diperlukan oleh tubuh. Dalam suatu sumber data terpercaya, dalam 152 gram buah semangka mengandung beberapa nutrisi seperti 43 kalori, 0 lemak, 2 mg sodium, 11 g karbohidrat, 1 g serat, 17% vitamin A, 21% vitamin C, 2% zat besi dan 1% kalsium. Itu semua dihitung berdasarkan rata-rata kebutuhan nutrisi setiap orang dalam satu hari.

Selain itu ada juga kandungan tiamin, riboflavin, niasin, vitamin B6, folat, asam pantotenat, magnesium, fosfor, seng, mangan, tembaga, kolin dan masih banyak lagi lainnya. Dari sumber terpercaya juga dikatakan jika pada semangka itu mengandung likopen yang jauh lebih banyak dari sayur ataupun jenis buah yang lainnya. seperti yang diketahui likopen diperlukan oleh tubuh dan berfungsi baik untuk menjaga kesehatan didalamnya.

Manfaat Semangka Untuk Bumil

Kondisi hamil menjadikan seorang wanita tidak bisa sembarangan memilih jenis makanan atau minuman apa saja yang dikonsumsi. Namun buah semangka sendiri cukup direkomendasikan, selain kandungan nutrisi lengkap yang ada didalamnya. Anda perlu paham pula beberapa manfaat yang tersimpan bagi ibu hamil seperti:

1. Mampu mengatasi nyeri dan mulas.

Perubahan hormon pada tubuh saat hamil sudah menjadi wajar, namun terkadang hal itu menjadikan seseorang merasa tidak nyaman. Seperti nyeri, mulas menjadi tanda perubahan hormon tersebut. Namun Anda tidak perlu khawatir karena buah semangka dipercaya dapat memberikan ketenangan pada lambung yang menjadi penyebab rasa nyeri ataupun mulas.

2. Meminimalisir pembengkakan kaki.

Kaki, tangan, ataupun beberapa bagian tubuh lain yang mengalami pembengkakan selama hamil itu sangat wajar. Namun tidak jarang membuat tidak nyaman, kandungan air yang tinggi pada semangka bisa membuat kondisi itu tidak terjadi. Hal itu karena bisa membuka kembali penyumbatan pada jaringan dan edema yang menjadi penyebab bengkak.

3. Mengatasi dehidrasi bumil.

Sebagai ibu hamil tidak boleh sampai mengalami dehidrasi karena dapat membuat pertumbuhan janin terganggu, kelelahan dan lesu. Nah, semangka yang mengandung air lebih dari 90% dapat membantu memerangi dehidrasi yang mungkin saja bisa terjadi pada Anda.

4. Meminimalisir morning sickness.

Mual atau muntah dipagi hari menjadi sesuatu yang biasa terjadi pada bumil, umumnya ini terjadi pada trimester pertama. Bila tidak nyaman akan hal tersebut, bisa coba atasi menggunakan jus semangka saat pagi hari karena bisa mengurangi morning sickness yang Anda alami.

Melalui beberapa fakta yang terungkap diatas, tentu semakin mematahkan pendapat orang dimana semangka disebut sebagai buah yang hanya mengandung air dan gula saja. Tidak perlu takut untuk mengkonsumsi, apalagi jika sudah dipastikan semangka berkualitas baik. Untuk mendapatkan sebagai jenis buah seperti semangka terbaik bisa membeli di TaniHub. Dimana itu merupakan aplikasi belanja kebutuhan dapur Anda yang lengkap, murah, mudah, berkualitas dan tentu saja aman.