Istilah Dalam Dunia Fashion Ini Sering Muncul, Kenali Biar Paham!

10 istilah dalam dunia style yang sering muncul. Photo: Net/Ist.

Istilah dalam dunia trend yang sering muncul ini mungkin ada yang masih kurang dipahami maksudnya. Agar tidak salah memahaminya, tentu kamu harus kenali dulu istilah dalam dunia fashion yang sering kamu dengar atau lihat itu.

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut ini istilah-istilah yang kerap muncul atau kita dengar dalam dunia fashion.

10 Istilah dalam Dunia Fashion
Vintage
Pada awalnya istilah vintage digunakan untuk sebutan barang yang telah berusia 20 tahun. Namun, istilah vintage kini dipakai untuk sebutan type tahun 20-an sampai 60-an.

Gaya classic menampilkan kesan oldstyle dan warna yang mendominasinya adalah warna-warna pudar.

Casual
Casual juga termasuk istilah dalam dunia fashion yang sering kita dengar atau lihat. Gaya berpakaian casual biasanya dikenakan pada waktu santai yang identik dengan baju kaos, celana jeans, sneakers atau sandal.

Retro
Istilah retro lebih merujuk pada gaya fashion di tahun 70-an hingga ninety-an. Retro berasal dari kata retrospective yang artinya barang/pakaian yang baru dan terinspirasi dari gaya trend di era tahun sebelumnya.

Gaya retro dalam dunia trend memang hampir serupa dengan vintage yang menampilkan kesan ‘zadul’, bedanya gaya retro ini lebih kontemporer dengan warna-warna yang gemerlap.

Edgy
Istilah dalam dunia trend lainnya yang sering muncul yaitu edgy fashion yang merujuk pada mode penampilan berkarakter khusus.

Ciri khas dari penampilan gaya edgy ini biasanya menunjukkan karakter yang “garang” karena banyak memadukan warna gelap atau hitam.

Selain itu, edgy type juga biasanya menawarkan hal-hal yang lebih inovatif dan tentunya anti-mainstream.

Chic
Chic berasal dari kata atau bahasa Perancis, yakni chique yang artinya keanggunan dan keterampilan.

Di dunia fashion istilah stylish ini menggambarkan penampilan seseorang yang nampak stylesh nan modis, tapi tak sampai jadi budak style.

Gayachicjuga memiliki kebebasan dalam mengembangkan kreasinya dalam bergaya, karena tidak terikat dengan suatu tren apapun.

Monochrome
Dalam dunia trend saat ini, monochrom menjadi warna pattern yang banyak disukai. Warna monochrom juga identik dengan warna hitam dan putih.

Namun, sebagai bentuk campuran dari kedua warna tersebut kini muncul warna abu-abu, dan terdapat pula beragam motif.

Gaya monochrome dalam dunia trend kian diminati banyak orang lantaran kesan tampilannya terlihat simpel hanya dengan tiga warna dan memiliki berbagai motif.

Classy
Classy istilah dalam dunia fashion memiliki makna yang artinya berkelas, karena gaya classy identik dengan barang mewah atau mahal yang biasa dipakai orang kalangan atas.

Tetapi sekarang dengan memakai item fashion yang sederhana pun kita sudah bisa berpenampilan gaya classy kalau pintar dalam memadupadankannya.

Haute Couture
Dalam dunia trend mungkin kita pernah mendengar istilah Haute Couture yang artinya excessive trend. Istilah Haute Couture sendiri berasal dari bahasa Perancis.

Bahan yang digunakan memiliki kualitas terbaik, begitu pula detail jahitannya sangat berkualitas. Karena handmade, maka waktu pembuatannya pun cukup lama.

Pakaian yang disebut haute couture tidak bisa sembarangan lantaran pakaian akan dipilih dulu oleh Chambre Syndicale de la Haute Couture, yakni badan khusus bentukan pemerintah Prancis.

Sophisticated
Istilah dalam dunia fashion yang juga sering muncul adalah sophisticated yang memiliki arti perbaikan kualitas, berkualitas, dan selera tinggi.

Biasanya istilah tersebut digunakan untuk gayafashionyang untuk menunjukkan keunggulan, hak standing, dan hak istimewa.

Mereka dengan gaya seperti ini memiliki tampilan yang menarik sehingga banyak diperhatikan orang, tetapi tampilannya tidak terlihat berlebihan.

Streetwear
Sedangkan, streetwear adalah istilah trend yang menunjukkan gaya khas berpakaian ala jalanan. Biasanya gaya ini banyak dipakai oleh kalangan muda.

Gaya tersebut juga sebagai cara seseorang mengekspresikan kepribadiannya dalam bergaya di jalanan. (Eva/R3/HR-Online)