Layanan Canggih Open Api Indonesia Menjadi Aplikasi Unggulan Saat Ini

Siapa sih yang tidak tahu aplikasi API? API adalah sebuah aplikasi yang banyak digunakan oleh semua orang. Hal ini karena aplikasi ini sangat praktis dimana bisa digunakan untuk membuka aplikasi berbagai platform dengan sekali klik saja. Pada aplikasi ini juga terdapat banyak sekali layanan yang bisa Anda gunakan yang mana akan membantu mempermudah aktivitas Anda sehari-hari.

Penyusun Layanan Open Api Indonesia

Dibalik kecanggihan API tentu saja ada beberapa komponen yang mendukung. Semua teknologi yang digunakan sangat canggih dan juga modern. Komponen pembangunnya disebut dengan arsitektur OPen Api Indonesia. Berikut ini adalah komponen penyusunnya.

1. RPC

RPC adalah sebuah teknologi yang dibuat untuk melakukan komunikaso antara kline dan sever. Komunikasi keduanya bisa dilakukan dengan menggunakan konsep yang sederhana.

RPC  mempunyai dua jenis yaitu XML dan JSON. XML-RPC menggunakan format XML dan digunakan sebagai media untuk perpindahan data. Sementara itu JSON menggunakan JSON untuk membantu perpidahan data.

2. SOAP

SOAP merupakan sebuah arsitektur dari API yang menggunakan XML yang mana akan memungkinkan semua data akan disimpan di dalam sebuah dokumen. Keberadaanya membuat data akan lebih rapi karena tersimpan dalam dokumen-dokumen.

3. REST

Respresentational State Transfer atau REST merupakan sebuah komponen penyusiun API Open yang sangat terkenal dengan kemudahannya. Anda tidak perlu membuat coding yang sangat panjang untuk bisa menggunakannya. REST juga menggunakan JSON sebagai sebuah bentuk data sehingga sangat ringa dan perfoma pun juga sangat cepat dan bagus.

Cara Kerja API

Setelah mengetahui mengenai komponen apa saja yang membuat API canggih, selanjutnya Anda harus tahu mengenai bagaiaman cara kerja API ini.  Cara kerjanya sangat canggih sekali dimana bisa menyampaikan data dalam satu klik saja. Inilah yang membuat aplikasi ini  banyak digunakan oleh semua orang. Agar lebih jelas mengenai cara kerjanya, berikut ini ilustrasinya cara kerjanya.

1. Aplikasi akan mengakses API

Langkah pertama adalah pengguna mengakses aplikasi. Misalnya saja menggunakan Travelola. Apabila Anda ingin memesan tiket pesawat dengan tujuan tertenth, maka Traveloka yang sudah tersambung dengan API langsung akan menghubungkan dengan maskapai yang bersangkutan.

2. API akan melanjutkan data ke server

Setelah aplikasi berhasil mengakses API, permintata akan langsung diteruskan ke server penerbangan. Sehingga, API akan langsung memberikan notofikasi jika Traveloka membutuhkan data penerbangan dengan tujuan dan tanggal yang sudah anda tentukan.

3. Server akan memberi respon

Ketika sudah ditemukan data yang sudah sesuai dengan permintaan, maka server akan menghubungi API. Semua data yang berisi informasi mengenai maskapai, tempat duduk, jam waktu keberangkatan akan muncul.

4. API mengirim respon

API akan meneruskan informasi yang diperoleh dari server ke Anda. Misalnya saja, Traveloka mendapatkan notifikasi berupa informasi yang diperoleh dari maskapai penerbangan. Proses ini akan berlangsung sama dengan permintaan maskapai lainnya. Maka dari itu, di dalam pencarian di traveloka akan langsung menampilkan jadwal penerbangan dari berbagai macam maskapai penerbangan di mana saja dalam satu waktu.

Wah, memang sudah tidak bisa diragukan lagi ya mengenai layanan Open Api Indonesia. Selain mudah dan canggih. Pengoperasiannya juga sangat mudah sekali.  Anda bisa menggunakan kapan saja dan dimana saja. Selain itu, juga akan memberikan kemudahan dalam beraktivitas tentunya tanpa harus repot-repot mendowload berbagai macam aplikasi di smartphone Anda.