Lima Cara Efektif Petani Skala Kecil Menjual Hasil Pertanian



Para petani skala kecil menghadapi satu masalah dalam memasarkan produk pertanian mereka. Masalah ini sebenarnya bisa diatasi dengan berbagai cara. Ada beberapa cara yang sudah terbukti efektif untuk membantu para petani berskala kecil untuk menjual hasil panen mereka. Apa saja caranya?

Jika Anda juga merupakan petani berskala kecil, ada beberapa hal baru yang memang harus Anda pelajari. Tapi waktu yang Anda investasikan untuk mempelajari hal baru tersebut akan membuahkan hasil yang memuaskan. Di bawah ini Anda akan menemukan berbagai cara untuk menjual hasil panen.

Cara Terbaik untuk Memasarkan Hasil Panen Petani Kecil

Diantara sekian banyak cara untuk menjual hasil panen, ada 5 cara yang paling efektif dan wajib Anda coba sehingga Anda bisa menjual seluruh hasil panen Anda. Pelajari baik-baik kelima cara berikut ini dan praktekkan sesegera mungkin.

  • Melakukan penjualan hasil panen secara langsung

Seluruh pelaku usaha wajib mencoba cara yang pertama ini karena menjual secara langsung adalah salah satu cara yang paling baik. Anda bahkan bisa melakukan penjualan secara langsung dari rumah Anda dengan menargetkan para tetangga.

Pastikan bahwa para tetangga bisa melihat produk yang Anda sediakan dan jual dengan jelas. Selain itu, Anda juga bisa memasang tanda yang singkat dan menarik tapi jelas sehingga setiap orang yang lewat bisa mengetahui produk apa yang bisa mereka dapatkan dari Anda.

  • Menjual produk pertanian melalui komunitas

Saat baru saja memulai bisnis pertanian dengan skala kecil, Anda bisa bergabung dengan berbagai komunitas yang anggotanya adalah para penjual dan pembeli. Ada banyak keuntungan yang bisa Anda peroleh dengan bergabung di komunitas-komunitas tersebut.

Salah satunya adalah Anda bisa memperoleh informasi yang berkaitan dengan usaha yang baru Anda rintis. Selain itu, komunitas tersebut juga akan menjadi sebuah sarana yang bagus dalam menawarkan serta menjual hasil panen Anda.

  • Memasok hasil panen ke hotel dan restoran

Hasil pertanian Anda juga bisa ditawarkan ke berbagai hotel maupun restoran. Anda tidak harus memulainya dengan menargetkan restoran skala besar. Karena bisnis pertanian Anda masih berskala kecil, Anda bisa menargetkan warung makan atau restoran yang skalanya sama-sama kecil.

Cara ketiga ini adalah cara terbaik yang bisa Anda gunakan sebagai batu loncatan. Setelah bisnis Anda berkembang, Anda bisa menawarkan produk hasil panen Anda ke restoran yang lebih besar dan ke berbagai hotel yang mempunyai lebih banyak pelanggan.

  • Menawarkan hasil panen melalui media sosial

Berbagai kemudahan yang ditawarkan oleh media sosial membuat banyak orang menjadi semakin bergantung pada berbagai platform media sosial dalam memenuhi keinginan dan bahkan kebutuhan mereka. Anda bisa memanfaatkan peluang ini dengan menawarkan hasil panen Anda.

Bahkan saat ini berbagai platform media sosial sudah memfasilitasi para pedagang untuk menjual produk apapun yang mereka sediakan dengan sangat mudah.

  • Bergabung dengan marketplace khusus untuk produk pertanian

TaniHub merupakan marketplace terbaik yang bisa Anda gunakan untuk memasarkan hasil panen kebun Anda. Yang harus para petani lakukan hanyalah mendaftarkan diri melalui situs web TaniHub. Selanjutnya, para pelanggan TaniHub akan bisa memperoleh hasil panen tersebut melalui aplikasi.

Bagaimana jika Anda bukan petani atau pemasok untuk hasil bumi? Ada banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk mendukung para petani dan pemasok tersebut. Satu cara paling efektif adalah dengan berbelanja langsung dari mereka melalui aplikasi maupun situs web TaniHub.

Related Post